Monday, January 12, 2015

Buku K3 Ergonomi

BUKU KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN ERGONOMI (K3E) DALAM PERSPEKTIF BISNIS

ISBN 978-979-18144-3-0.


...344 Halaman


Perpustakaan Nasional KATALOG DALAM TERBITAN (KTD) BUKU K3 ERGONOMI

Nama Buku: Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ergonomi (K3E) dalam Perspektif Bisnis.
Penulis: Tarwaka, PGDip.Sc., M.Erg.
ISBN: 978-979-18144-3-0
Edisi: I - Cetakan: 1 
Tahun Terbit: 2015
Jumlah Halaman 344 Halaman
Ukuran buku: 17 x 24  cm
Penerbit: Harapan Press Surakarta


KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah, merupakan satu kata yang sangat pantas penulis ucapkan kepada Allah SWT., yang karena bimbingan-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penulisan buku yang berjudul “Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ergonomi (K3E) dalam Perspektif Bisnis”.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kemajuan teknologi telah banyak menyumbangkan berbagai hal positif dalam pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial di dunia industri. Perkembangan teknologi telah mengangkat standar hidup manusia dan membantu mengurangi sumber-sumber kecelakaan, insiden, cedera, kelelahan dan stres akibat kerja. Namun demikian, di sisi lain kemajuan teknologi juga mengakibatkan berbagai dampak yang merugikan antara lain berupa terjadinya peningkatan pencemaran lingkungan, kecelakaan kerja dan timbulnya berbagai macam penyakit akibat kerja. Kompleknya teknologi modern, perubahan bentuk dan pola kerja, organisasi kerja, dan sistem produksi juga menempatkan suatu tuntutan yang tinggi pada daya kerja. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut maka implementasi peningkatan kinerja Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ergonomi adalah suatu keharusan. Sehingga, setiap pengembangan dan penggunaan teknologi baru dapat diterima dan menguntungkan semua pihak. Dalam artian bahwa benefit harus dapat ditingkatkan dan cost harus dapat ditekan seminimal mungkin.

Dalam buku yang berjudul Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ergonomi (K3E) dalam Perspektif Bisnis ini dibahas berbagai hal tentang Kepemimpinan dan Budaya K3; Perilaku berbasis keselamatan; Kinerja K3 Ergonomi berbasis bisnis; Analisa Biaya dan Benefit; Komunikasi dan Promosi K3 di perusahaan; Produktivitas Kerja  serta berbagai studi kasus literatur yang berkaitan dengan analisa biaya yang dikeluarkan dan benefit yang diperoleh perusahaan atas intervensi atau perbaikan terhadap kinerja K3 Ergonomi.

Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung penerbitan buku ini sehingga sampai ke tangan pembaca semua.  Satu harapan adalah semoga buku ini dapat menebar manfaat bagi semua pihak dan sungguh buku ini sebagai bentuk sumbangsih profesi atas kekurang-pahaman penulis dalam memahami keilmuan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ergonomi secara utuh.
Surakarta,       Januari 2015.


     Tarwaka, PGDip.Sc. M.Erg


Pada bulan Januari 2015  ini kami telah MEMPUBLIKASIKAN  Buku ke-5 saya yang BerJudul; KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN ERGONOMI (K3E) DALAM PERSPEKTIF BISNIS,  dan akan kami publikasikan secara luas. Buku ini terdiri dari VII Bab; 344 halaman dengan penerbit Harapan Press Surakarta., ISBN 978-979-18144-3-0.

DAFTAR ISI

 
Kata Pengantar
iii
Daftar Isi
iv


I
KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA K3 DI PERUSAHAAN (Safety Culture and Leadership)

1
1.1
Membangun Budaya K3 Di Perusahaan
1

1.1.1
Latar Belakang Budaya K3
1

1.1.2
Budaya Organisasi (Organizational Culture)
5

1.1.3
Budaya K3 (Safety Culture)
6

1.1.4
Indikator Budaya K3 (Safety Culture Indicator)
10

1.1.5
Program Pengembangan Budaya K3 (Safety Culture Development)
11

1.1.6
Analisa Kekuatan Budaya K3 Berdasarkan Kurva ‘DuPont Bradley’
13

1.1.7
Pembangunan Budaya K3 melalui Kerjasama Tim
17

1.1.8
Kajian Budaya dan Perilaku K3
19
1.2
Kepemimpinan K3 (Safety Leadership)
23

1.2.1
Latar Belakang Safety Leadership
23

1.2.2
24

1.2.3
Komitmen dan Keteladanan Manajemen
25

1.2.4
Membentuk Karakter K3 (Safety Character Building)
26

1.2.5
Peran  Safety Leadership
29

1.2.6
Strategi  Safety  Leadership
37

1.2.7
Kepemimpinan Manajemen dan Partisipasi Karyawan
38
1.3
Daftar Pustaka
41



II
PENERAPAN PERILAKU BERBASIS KESELAMATAN (Behaviour Based Safety (BBS)

44
2.1
Latar Belakang Behaviour Based Safety (BBS)
44
2.2
Konsep dan Pengertian Behaviour Based Safety (BBS)
47

2.2.1
Konsep BBS
47

2.2.2
Pengertian Behaviour Based Safety (BBS)
48

2.2.3
Kesadaran Situasional, Observasi dan Umpan Balik
49

2.2.4
Tujuan Perbaikan dan Kepemimpinan BBS
51

2.2.5
Pendekatan BBS  untuk Mengurangi Unsafe Behaviour
52
2.3
Penerapan Perilaku Berbasis Pendekatan (Behaviour Based Approach)
54
2.4
Proses Penerapan dan Pengembangan BBS
59
2.5
Penerapan BBS dengan Metode  ‘DO IT
69

2.5.1
Define
70

2.5.2
Observe
72

2.5.3
Intervene
75

2.5.4
Test
77
2.6
Contoh Latihan Program BBS
78
2.7
Daftar Pustaka
85




III
PENINGKATAN EFEKTIFITAS KINERJA K3 ERGONOMI BERBASIS BISNIS

86
3.1
Mengembangkan Bisnis dengan Orientasi K3 Ergonomi
86
3.2
Penilaian Kelayakan Program K3 Ergonomi Berdasarkan Analisa CBA
89

3.2.1
Persiapan Penilaian CBA
89

3.2.2
Pelaksanaan Analisa CBA
89
3.3
Contoh Studi Kasus
94
3.4
Pro Forma Cost Benefit Analysis
96
3.5
Analisa Strengths,  Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT)
98
3.6
Analisa Medan Kekuatan (Force Field Analysis)
103
3.7
Pro Forma Kasus Bisnis
106
3.8
Daftar Pustaka
109




IV
ANALISA BIAYA DAN BENEFIT DALAM IMPLEMENTASI K3 ERGONOMI (Cost Benefit Analysis)

110
4.1
Latar Belakang dan Pengertian
110
4.2
Menempatkan Nilai Keselamatan dalam Pekerjaan
113
4.3
Alasan untuk Menggunakan CBA
114
4.4
Teknik Penilaian Risiko
115

4.4.1
Metode Penilaian Relatif
115

4.4.2
Metode Kuadran Empat
117
4.5
Menentukan Komponen Biaya dan Benefit
119

4.5.1
Komponen Biaya
120

4.5.2
Komponen Benefit
122
4.6
Keistimewaan Analisa CBA
125
4.7
Rasio Benefit terhadap Biaya dan Periode Payback
128
4.8
Langkah-Langkah  Analisa CBA
128
4.9
Estimasi Dampak Kecelakaan Kerja pada Profit
132
4.10
Contoh Analisa CBA untuk Program Traning K3
134
4.11
Contoh Kalkulator CBA Terhadap Perbaikan K3
141
4.12
Daftar Pustaka
144




V
KOMUNIKASI DAN PROMOSI K3 (Safety Comunication and Promotion)

145
5.1
Introduksi Komunikasi K3
145
5.2
Membangun Komunikasi di Tempat Kerja
148

5.2.1
Proses Komunikasi
148

5.2.2
Cara-Cara Berkomunikasi
149

5.2.3
Jenis-Jenis Gaya Komunikasi
152

5.2.4
Pesan Lisan dan Instruksi Komunikasi Verbal
156

5.2.5
Instruksi Komunikasi Tertulis
159

5.2.6
Membangun Komunikasi dengan Klien
162

5.2.7
Partisipasi Komunikasi  dalam Pertemuan di Tempat Kerja
166

5.2.8
Komunikasi terhadap Image Publik
167

5.2.9
Identifikasi Akses dan Operasi Sistem Komunikasi di Tempat Kerja
170

5.2.10
Konfiden dengan Tingkat Ketrampilan Komunikasi di Tempat Kerja
172
5.3
Komunikasi dan Budaya K3
175
5.4
Strategi Komunikasi K3
177

5.4.1
Penghalang terhadap Komunikasi Efektif
177

5.4.2
Pemilihan Bahasa dan Kata-Kata
178

5.4.3
Komplain dan Kritikan dalam Komunikasi
179

5.4.4
Tanya Jawab dan Komunikasi
180

5.4.5
Memberikan dan Menerima Umpan Balik K3
181
5.5
Tips Komunikasi K3 Efektif
182
5.6
Promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
184

5.6.1
Alasan Pentingnya Promosi K3
184

5.6.2
Pengertian Promosi K3
186

5.6.3
Aspek Operasional Pendekatan Promosi K3
187

5.6.4
Pelaksanaan Promosi K3 oleh Pemerintah
188

5.6.5
Pelaksanaan Promosi K3 di Tempat Kerja
191
5.7
Daftar Pustaka
200




VI
PRODUKTIVITAS KERJA SEBAGAI INDIKATOR KEBERHASILAN KINERJA K3 ERGONOMI

202
6.1
Pendahuluan
202
6.2
Pengertian dan Konsep Produktivitas Kerja
204
6.3
Dampak Ekonomi pada Level Perusahaan terhadap Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja
209
6.4
Keterkaitan K3 dengan Tujuan dan Kinerja Perusahaan
212
6.5
Pendekatan Partisipatori
219
6.6
Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja
223
6.7
Pengukuran Produktivitas
229

6.7.1
Pengukuran Produktivitas Obyektif
229

6.7.2
Pengukuran Produktivitas Subyektif
234
6.8
Daftar Pustaka
244




VII
STUDI KASUS LITERATUR:
PENINGKATAN BENEFIT BERDASARKAN INTERVENSI K3 DAN ERGONOMI

247
7.1
Pendahuluan
247
7.2
Contoh-Contoh Kasus
249

7.2.1
Kasus 1: Pembersihan Area Workshop dengan Teknik 5’S
249

7.2.2
Kasus 2: Program Pemberian Exercise bagi Pekerja
251

7.2.3
Kasus 3: Implementasi Ergonomi Perkantoran
252

7.2.4
Kasus 4: Perbaikan Kondisi Lingkungan Kerja di Industri Baja
253

7.2.5
Kasus 5: Program Training Ergonomi Perkantoran untuk Pengguna Display Screen Equipment (DSE)

255

7.2.6
Kasus 6: Sarana untuk Pengendalian Kebisingan pada Sumbernya
256

7.2.7
Kasus 7: Perbaikan Lingkungan Kerja
258

7.2.8
Kasus 8: Workshop Pencegahan Stres Akibat Kerja
259

7.2.9
Kasus 9: Penyediaan Training K3 oleh Kontraktor di Perusahaan Konstruksi
261

7.2.10
Kasus 10: Redesain Ergomoni pada Mesin Flesher
262

7.2.11
Kasus 11: Peningkatan Intensitas Penerangan untuk Pengurangi Kelelahan Mata Karyawan Perkantoran
264
7.3
Analisa dan Pembahasan Masalah
265

7.3.1
Laporan Benefit Intervensi
265

7.3.2
Batas Potensial dari suatu Argumen tentang  'MANFAAT BISNIS'
266
7.4
Daftar Pustaka
269



VIII
STUDI KASUS LITERATUR:
STUDI TENTANG BIAYA DAN BENEFIT UNTUK PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL (MSD’s)

270
8.1
Pendahuluan
270
8.2
Pendekatan Ergonomi
272

8.2.1
Identifikasi Intervensi Ergonomi
272

8.2.2
Pengembangan Model Biaya dan Manfaat
272
8.3
Analisa dan Pembahasan Masalah
276
8.4
Contoh-Contoh  Studi Kasus
278

8.4.1
Judul Kasus 1: Perbaikan Layout Stasiun Kerja pada Bagian Pengepakan Karton
278

8.4.2
Judul Kasus 2: Efisiensi Pekerjaan Manual Handling pada Produksi Kosmetik
283

8.4.3
Judul Kasus 3: Redesain Layout pada Pekerjaan Pengepakan secara Manual
287

8.4.4
Judul Kasus 4: Automatisasi Pengepakan Box secara Manual
294

8.4.5
Judul Kasus 5:  Pemindahan Pasien ke Ruang Operasi
299

8.4.6
Judul Kasus 6: Redesain untuk Menurunkan Risiko di Laundry Rumah Sakit
305

8.4.7
Judul Kasus 7: Perbaikan Lingkungan Kerja di Sebuah Kantor Surat Kabar
311

8.4.8
Judul Kasus 8: Penyimpanan pada Proses Pengiriman Barang
318

8.4.9
Judul Kasus 9: Penanganan Bahan Kimia Secara Mekanis
322

8.4.10
Judul Kasus 10: Penggunaan Bantalan Siku untuk Meningkatkan Ketidaknyamanan
326

8.4.11
Judul Kasus 11: Penggunaan Alat Bantu untuk Handling Drum
329

8.4.12
Judul Kasus 12: Redesain Pedal pada Perusahaan Press
332

8.5
Daftar Pustaka
335


DAFTAR SINGKATAN
336
INDEKS AUTHORS
337
INDEKS SUBJEK
339



Buku ini saya persembahkan bagi kalayak umum sebagai kunci untuk memasuki pemahaman tentang Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ergonomi melalui perspektif Bisnis Organaisasi, terkhusus bagi mahasiswa Program Studi:  K3, Hyperkes, Keselamatan Kerja, teknik Industri, Kesehatan Masyarakat, KLKK dan Poltekes serta praktisi K3 perusahaan. Bagi yang berminat dapat memesan secara langsung melalui e-mail maupun telp. alamat e-mail: tarwoko@gmail.com atau kontak melalui HP: 081 329 755 335.

HARGA SATUAN: Rp. 135.000,- (Jawa dan Bali) danRp. 150.000,- (Luar Jawa) Termasuk Ongkir via JNE.


CARANYA: TRANSFER MELALUI REKENING BANK BCA. 
A/N. TARWAKA,M.ERG. NO.REK. 0770 354 129. Selanjutnya buku akan segera dikirim ke alamat anda (jangan lupa mengirimkan/SMS alamat lengkap anda dan no telp setelah transfer ke 081 329 755 335)

Semoga Menebar manfaat, Amien. Thanks any supports for publishing this book.

Salam K3 Ergomoni Indonesia,


TARWAKA

No comments:

Post a Comment